begini ku kenali atom

“Spesi terkecil dari suatu MATERI yang tidak dapat dibagi-bagi lagi”

itu adalah definisi dari atom yang selalu ada pada hampir setiap bahasan  tentang atom bahkan pada setiap buku kimia. YA… karena bila kita bicara tentang kimia naka kita pasti bicara tentang atom. Boleh lah.. kita sebut KIMIA adalah ILMU tentang ATOM.

jadi pada intinya bila mau mengerti tentang kimia hal pertama yang harus dipahami adalah mengenai sang atom.

Ok…. untuk yang masih kesulitan memahami atom mari kita bahas, tapi buat yang sudah tidak masalah tentang atom boleh pijit tombol BACK.

mari kita lihat gambar berikut:

bentuk atom 2 dimensiini adalah gambar atom dalam bentuk 2 dimensi, bisa terlihat inti atom dikelilingi oleh elektron pada lintasan yang berlapis-lapis.

bentuk atom 3 dimensinah sebenarnya kulit atom bentuknya tidak berlapis sempurna seperti di atas tetapi seperti pada gambar disamping, jadi bentuk atom tuh tidak datar tapi membentuk 3 dimensi. Ya… boleh dibayangkan kalau saja atom bentuknya datar, masu seperti apa benda-benda dibumi ini, kotak semua kali ya… jadi manusia kotak juga dong…. wah….

dari kedua gambar di atas bisa dilihat kalau atom terbentuk dari inti atom yang dikelilingi oleh lintasan-lintasan yang merupakan ruang gerak dari elektron.

kalau melihat gambar atom, saya selalu teringat dengan satu gambar lain yang mirip yaitu:

ya… ini adalah tata surya Bima Sakti, dengan matahari sebagai pusat yang dikelilingi planet-planet yang bergerak pada orbitnya. dan setiap planet trsebut berputar pada porosnya selama mereka mengelilingi orbitnya.

Subhanallah… inilah kekuasaan yang maha Agung, menciptakan suatu bentuk terbesar yang diketahui oleh manusia mirip dengan bentuk terkecil yang diketahui manusia.

Apakah ini satu petunjuk “bila manusia mampu memahami atom dan variablenya akan mampu memahami alam semesta dengan variablenya”? Saya pribadi berpikir itu mungkin, HEBAT YA….???

Kembali ke persoalan awal…ATOM

bila kita masih mau membandingkan antara atom dan tata surya, ada satu perbedaan mendasar yaitu bila pada sistem tata surya satu lintasan hanya berisi satu planet, maka pada atom satu lintasan bisa diisi oleh lebih dari satu elektron maksimalnya 32 elektron.

tentang elektron lebih lanjut kita bahas pada http://catatankimia/elektron dan konfigurasinya.html

Lanjut… Atom terdiri dari inti yang merupakan tempat proton dan neutron, pasti yang ini ingat, proton bermuatan positif sedangkan neutron bermuatan netral. Dan inti ini dikelilingi oleh elektron yang terus bergerak pada kulit atom.

Jadi elektron mengelilingi inti… kenapa saya ulang? nanti bila kita bicara tentang REAKSI maka ingat kalimat tadi, karena “raksi adalah suatu tumbukan/tabrakan antar atom” nah yang namanya tabrakan pasti yang akan kena adalah yang paling luar, betul ya? Jadi bila atom bertabrakan dengan atom yang lain maka yang akan mengalami reaksi(tubrukan) adalah ELEKTRON. kecuali pada reaksi radionuklida atau yang gampang kita sebut reaksi nuklir disini yang bereaksi  inti atom. (kapan-kapan kita bahas tentang ini khusus)

Elektron masanya/beratnya sangat ringan bila dibandingkan dengan masa proton atau netron, sehingga dalam menentukan masa atom hanya dihitung dari masa proton dan neutron saja, yang kebetulan beratnya sama-sama satu. jadi massa aton sama dengan jumlah proton plus jumlah netron.

TRus… suatu atom tuh harus netral, artinya tidak bermutan positif (+) atau negatif (-), artinya lagi jumlah proton (+) harus selalu sama dengan jumlah elektron (-). Kalau nantinya ada atom yang kelebihan atau kekurangan elektron maka kita menyebutnya sebagai ION (penambahan atau pengurangan tidak terjadi pada proton, kan dia mah ada didalam).

Nah… jumlah proton atau jumlah elektron ini selanjutnya dijadikan sebagai NOMOR ATOM seperti yang kita temui di sistem berkala unsur, dan angka ini penting untuk menentukan sifat-sifat dari atom. (kita bahas di bab lain)

sekian dulu….

semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • pengertian atom (2288)
  • pengertian atom pusat (252)
  • pengertian inti atom (190)
  • bentuk atom (121)
  • pengertian atom dan gambarnya (63)
  • pengertian atom kimia (61)
  • pengertian tentang atom (53)
Jika anda suka? Share it:

3 Comments

  1. Hoshino Satou says:

    thanks… membantu untuk belajar! ^^

  2. annie DoLalu says:

    keren!!!!! makacih yaaaa… dah membantu!!! ^_^

  3. bayu avengedsejati says:

    thank’s very much

Leave a Comment