Titrasi Pengendapan

“sesuai dengan judulnya, jenis titrasi ini prinsipnya adalah dengan pembentukan endapan”

Pengendapan yang terjadi adalah antara titran (yang diburet) dengan analit ( yang di Erlenmeyer), bila dilakukan dengan metoda langsung. Jenis titrasi pengendapan ada tiga, yaitu :

  1. Titrasi Argentometri
  2. Titrasi Merkurimetri
  3. Titrasi metoda Kolhoff

Dua yang terakhir tidak popular, bahkan mungkin saat ini sudah tidak ada lagi yang menggunakan, karena itu mari kita bahas Argentometri saja.

Dari namanya jelas bahwa titirasi ini adalah “pengukuran dengan menggunakan perak (argentum), dalam hal ini perak yang dipakai adalah AgNO3 karena hanya garam perak ini yang dapat larut dalam air.

Senyawa yang ditetapkan dengan metoda ini tentunya adalah senyawa yang dapat mengendap dengan Ag, dalam bentuk endapan yang stabil dan harga Ksp yang besar. Senyawa tersebut adalah halogen (Cl, Br, I) dan beberapa senyawa pseudo halogen (senyawa yang sifatnya mirip halogen) seperti : SCN dan juga dapat digunakan untuk menentukan merkaptan (thioalkohol), asam lemak, dan beberapa anion divalent seperti ion fosfat PO43- dan ion arsenat AsO43-.

Dasar titrasi argentometri adalah pembentukan endapan yang tidak mudah larut antara titran dengan analit. Sebagai contoh yang banyak dipakai adalah titrasi penentuan NaCl dimana ion Ag+ dari titran akan bereaksi dengan ion Cl- dari analit membentuk garam yang tidak mudah larut AgCl.

Ag(NO3)(aq) +  NaCl(aq)
à AgCl(s) + NaNO3(aq)

Setelah semua ion klorida dalam analit habis maka kelebihan ion perak akan bereaksi dengan indicator. Indikator yang dipakai biasanya adalah ion kromat CrO42- dimana dengan indicator ini ion perak akan membentuk endapan berwarna coklat kemerahan sehingga titik akhir titrasi dapat diamati. Indikator lain yang bisa dipakai adalah tiosianida dan indikator adsorbsi.

Sebenernya Ag akan membentuk endapan dengan kromat membentuk Ag2CrO4 tapi karena endapan ini tidak lebih stabil dibanding endapan Ag-halogen, maka bila dalam Erlenmeyer masih terdapat halogen maka perak yang masuk akan bereaksi lebih dulu dengan halogen, atau kalaupun terbentuk endapan Ag2CrO4 lebih dulu, masih dapat dipecah bila ada halogen. Dari kondisi ini bisa dikatakan bahwa titrasi argentometri termasuk jenis titrasi kompetisi (saingan) antara Ag2CrO4 dengan Ag-halogen.

Ada beberapa metode dalam titrasi argentometri yaitu metode Mohr, metode Volhard, metode K. Fajans, dan metode Leibig.

  1. Metode Mohr

    Metode ini dapat digunakan untuk menetapkan kadar klorida dan bromida dalam suasana netraldengan larutan baku perak nitrat dengan penambahan larutan kalium kromat sebagai indikator.

  2. Metode Volhard

    Metoda Volhard dapat digunakan untuk menetapkan kadar klorida, bromida, dan iodida dalam suasana asam. Caranya dengan menambahkan larutan baku perak nitrat berlebihan, kemudian kelebihan larutan baku perak nitrat dititrasi kembali dengan larutan baku tiosianat. Ya… ini adalah jenis titrasi balik.

  3. Pada metoda ini digunakan indikator adsorpsi, yang mana pada titik ekivalen, indikator teradsorpsi oleh endapan. Indikator ini tidak memberikan perubahan warna kepada larutan, tetapi pada permukaan endapan.
  4. Metode Leibig

    Pada metode ini, titik akhir titrasinya tidak ditentukan dengan indikator, akan tetapi ditunjukkan dengan terjadinya kekeruhan. Ketika larutan perak nitrat ditambahkan kepada larutan alkali sianida akan terbentuk endapan putih, tetapi pada penggojogan akan larut kembali karena terbentuk kompleks sianida yang stabil dan larut.

Incoming search terms:

  • TITRASI PENGENDAPAN (625)
  • metode argentometri (243)
  • argentometri metode mohr (156)
  • titrasi balik (146)
  • argentometri titrasi (122)
  • argentometri adalah (105)
  • metode volhard (101)
Jika anda suka? Share it:

6 Comments

  1. sangat baik postingnya,.. izin copy yo Mas,.. jika di izinkan kapan-kapan minta konsultasi,..

  2. ephri says:

    minta penjelasan tentang merkurimetri dong..
    :)

  3. Ikky Dermawan says:

    MANTAP KANG MAS BRO…

    LANJUTKAN!!!!!

  4. echohadi says:

    kalo bisa di lengkapi titrasi penetralan ya…
    (acidi sama alkalimetri)
    tx sebelumnya

Leave a Comment